Kamis, 04 April 2013

Menanti Kelahiran Sang Buah Hati



Masa penantian untuk kelahiran si kecil untuk ibu hamil pada trimester 3 membuat perubahan pada tubuh anda memang terasa begitu cepat. Dari mulai fisik sampai mood yang semakin naik turun. Menikmati proses ini akan melipat gandakan kebahagiaan anda saat si kecil lahir nanti.

Apa yang terjadi di dalam sana? Di trimester 3, si kecil tengah mampu mempelajari dan merekam bahasa tubuh ibunya dan orang-orang disekitarnya. Ia semakin aktif bergerak mengingat rumahnya yang kian sempit. Hal ini juga yang membuat anda tidak lagi leluasa beraktivitas. Jelang kelahiran, minimal dua minggu sekali, sebaiknya anda memantau kondisi kesehatan anda dan janin dengan rutin melakukan check up ke dokter kandungan. Anda juga bisa mulai mengikuti senam hamil untuk mempersiapkan kondisi tubuh agar fit dan bugar saat kelahiran nanti.

Mudahnya persalinan

Kesiapan fisik dan mental anda tentu sangat berpengaruh pada proses persalinan kelak. Untuk mempercepat dan mempermudah proses persalinan anda bisa melakukan hal-hal berikut ini :

- Pada posisi tegak atau bergerak (berjalan, berlutut, jongkok atau duduk) gravitasi bumi akan menarik kepala bayi turun e mulut rahim sehingga mempercepat proses persalinan.

- Tinggikan kepala dan letakkan bantal di bawah satu paha jika ingin berbaring.

- Konsentrasi pada tubuh anda dan bayi saat terjadi kontraksi dan lakukan teknik pernapasan plus relaksasi untuk menghadapi persalinan.

Perlengkapan persalinan ini yang perlu dibawa

Konsentrasi dan rasa percaya diri adalah kunci sukses persalinan yang lancar. Jangan biarkan konsentrasi terganggu karena anda belum mempersiapkan perlengkapan yang hendak dibawa ke rumah sakit. Sebaiknya sebulan jelang kelahiran, anda sudah persiapkan keperluan persalinan seperti :

-3-4 buah baju/kemeja dengan kancing agar mudah menyusui

- 2-3 buah BH khusus untuk menyusui

- 1-2 kain/sarung yang bermanfaat paska persalinan

- 10 buah celana dalam dan pembalut

- 2-3 potong gurita

- 1 pasang sandal dan satu pasang kaos kaki

- Perlengkapan bayi saat pulang (baju bati, kain pembedong, sarung tangan, sarung kaki, topi dan selimut)

Waspada risiko pre eklamsia

Setiap ibu hamil tentu menginginkan proses persalinan yang normal dan nyaman. Namun dalam beberapa kasus, pre-eklamsia (gejala hipertensi) sering menyerang jelang usia tua kehamilan, yang akan mengakibatkan kelahiran premature bahkan kematian bayi. Meski penyebabnya masih menjadi tanda tanya, namun gejala yang signifikan terlihat dari kurangnya asupan kalsium. Kecukupan kalsium akan mengurangi risiko pre eklamsia.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India